Telah Lulus Kuliah, Lalu Sedia Apa?

0 Comments
sudah-lulus-kuliah-lalu-mau-apa-1

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

TABLOIDBINTANG. COM   –  Sejumlah madrasah tingga  di Indonesia tak lama lagi  menggelar urusan wisuda. Wisuda bisa disebutkan simbol kelahiran tenaga-tenaga kegiatan baru. Ya, semakin banyak orang diwisuda, semakin penuh pencari kerja baru. Terjamin datang di dunia kerja!

Tunggu dulu. Kehidupan sesudah diwisuda terkadang tak bagus. Menyandang titel dari universitas ternama dengan nilai keguguran baik bukan jaminan para-para fresh graduate langsung menyabet pekerjaan sesuai impian.

Zona, penulis No More Ramen: The 20-Something’s Real World Survival Guide , punya 10 pedoman bagi fresh graduate.

1. Lowongan online bukan segalanya

Salah satu cara mengaduk-aduk pekerjaan, melalui lowongan kegiatan online. Tapi, jangan jadikan itu prioritas.

“Saya menjamin, di sisi lain tidak ada orang yang duduk di meja, menunggu surat lamaran datang, sabar menunggui respons dari iklan, ” kata Aretakis.

Tak perkara Anda mengirimnya beberapa keadaan setelah lowongan online dipasang.

2. Ambil peluang dari hidden job market

Apa yang dimaksud hidden job market? Itu lowongan pekerjaan yang tidak akan Anda temukan pada situs lowongan kerja atau di iklan koran. Informasinya datang melalui orang pada, mungkin dari teman, rumpun, atau dosen Anda.

“Anda harus tahu apa order yang diinginkan dan sumbang tahu orang-orang apa dengan Anda sukai, serta barang apa prioritas Anda. Jika bisa menyampaikan hal ini pada orang lain, peluang kegiatan mungkin datang dari karakter yang Anda kenal, ” ucap Aretakis.

3. Ketahui apa yang Kamu inginkan dari perusahaan

Pastinya Anda ingin memiliki bayaran yang memadai. Dalam luar masalah finansial, Kamu pastinya ingin tahu bagaimana perusahaan memperhatikan dan memperlakukan para karyawannya. Lakukan pemantauan terhadap perusahaan yang Anda tuju, termasuk mencari data soal budaya kerja & bagaimana pendapat orang tentang imej perusahaan itu.

4. Pastikan apa yang Anda cari dari order

Kebanyakan orang dengan baru mulai bekerja memiliki ketakutan yang sama: terperangkap di pekerjaan itu serta tak mengalami perkembangan karier. Tapi sebenarnya, pekerja bagaikan itu punya pekerjaan dengan terlalu mudah atau tidak maksimal dalam bekerja.

“Selain bekerja untuk dan bersama-sama orang-orang yang hebat, Anda juga ingin mencari status di mana Anda bisa mulai membangun track record. Cari pekerjaan yang mampu membuat Anda tetap bergairah bekerja sepanjang tahun. Pekerjaan yang stabil di asal karier jelas nilai plus untuk Anda, ” bilang Aretakis

5. Atur langkah

Memulai karier sama halnya dengan mangkir maraton. Tak perlu berlari cepat di garis awal, tapi Anda harus menyusun kecepatan sesuai kemampuan. Dengan paling penting, stabil mematok garis finis. Artekis menyarankan, “Anda akan mendapat lebih dari ambisi jika mampu mengatur langkah. Jangan terlalu lambat dan cepat puas, jangan pula terlalu segera karena terbakar emosi & tak sabar. Jaga kemantapan karier Anda”.

6. Waktu adalah uang

Jangan buang waktu minus alasan jelas. “Masalah ketepatan waktu di dunia kegiatan dan kehidupan sebenarnya sangat sederhana, †ujar Artekis. “Hargai waktu orang asing dan mereka akan menghargai Anda, ” tegasnya.

7. Kepercayaan adalah segalanya

Hubungan baik bakal tercipta dari rasa saling percaya. Jangan hancurkan keyakinan yang diberikan orang asing kepada Anda. Memiliki ikatan baik, salah satu modal kelancaran karier.

8. Katakan apa yang akan Kamu lakukan dan lakukan barang apa yang telah Anda katakan

Buktikan kebenaran perkataan Anda. “Di lingkungan kegiatan yang uakompetitif, pelanggaran terhadap komitmen bisa sesekali dimaklumi. Tapi ketika hal tersebut berulang, sungguh bisa merusak reputasi”.

9. Semangat akan menuai sukses

Cari pekerjaan yang sungguh-sungguh Anda sukai dan inginkan, pekerjaan yang membuat Anda bersemangat. Dengan begitu Kamu akan menikmati setiap saat kerja. Kesuksesan akan menjadi akibat dari semangat kepada pekerjaan yang Anda seleksi.

10. Anda tumbuh dengan pilihan Anda sendiri

Semua pilihan membuat konsekuensi, baik atau buruk. Dan Anda yang bakal menjalani hidup dengan barang apa yang Anda pilih. Aretakis menguraikan, “Jika Anda bisa menemukan bagaimana menyeimbangkan penghidupan impian dan gaya hidup, Anda akan menikmatinya. Kamu akan merasa lebih beruntung daripada 99 persen populasi di dunia. Temukan empat elemen — kebahagiaan, uang, kebebasan, kecukupan — pada pekerjaan Anda. Jika jadi menemukan dan menyeimbangkan itu semua, akan menjadi definisi kebahagiaan hidup Anda”.